Cari Berita/Artikel :

LPM Setara Gelar Pelatihan Jurnalistik

MBA_Line, KESAMBI - Lembaga Pers Mahasiswa Semua Tentang Rakyat (LPM Setara) mengadakan pelatihan jurnalistik tingkat dasar se wilayah III Cirebon di Aula Kampus Unswagati, Jl Pemuda, Kesambi, Kota Cirebon, Senin (22/5).

Ketua umum LPM Setara, Haerul Anwar, mengatakan bahwa acara itu merupakan salah satu rangkaian acara terakhir dari HUT LPM yang ke tujuh yang telah diadakan sejak Sabtu (20/5) kemarin. Tujuan dari pelatihan tersebut yaitu untuk memberitahukan kepada pelajar khususnya pelajar SMA se wilayah III Cirebon mengenai kejurnalistikan.

"Pemateri pelatihannya Yuda Sanjaya dan Ayu Ida dari salah satu media di kota Cirebon. Jumlah peserta yang hadir dalam acara tersebut, menurut Anwar ada empat puluh lebih dari SMA/SMK se wilayah III," katanya saat ditemui FC.

Materi yang dijelaskan oleh para pemateri, kata Anwar, tentang jurnalistik secara umum kemudian pemaparan tentang convergensi media dan jurnalisme warga. Isi dari materi yang disampaikan, mengenai kewaspadaan terhadap pemberitaan yang sifatnya hoax dan peran masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kejurnalistikan.

"Jurnalistik bukan sekedar tulis menulis dan liputan tapi dalam jurnalistik juga terdapat yang namanya videografi dan fotografi jurnalistik serta memahami karakteristik berita baik onlin atau cetak, baik straignews atauoun fiucer," Jelasnya.

Acara yang bertema Membuka Pintu Informasi Lewat Dunia Jurnalistik itu, kata Anwar merupakan acara tahunan yang sering diadakan oleh LPM Setara. Acara pelatihan itu merupakan acara inti yang sudah pasti dijadwalkan setiap tahun.

"Hasil yang diharapkan khususnya untuk peserta dari SMA, agar lebih memahami dan tahu tentang informasi kejurnalistikan." tandasnya. Didi Agus