Cari Berita/Artikel :

Aneka Makanan Khas Brebes Selatan

Aneka makanan Khas Brebes Selatan, Bumiayu dan sekitarnya.
1. Mendoan
Makanan ini terbuat dari tempe yang tipis/diiris tipis kemudian digoreng dengan tepung yang telah diberi bumbu khusus dan digoreng setengah matang. Mendoan ini biasanya dicocol dengan kecap dan cabe rawit yang telah di uleg.

Menyantap mendoan anget, pas waktunya diwaktu malam hari, sembari bercengkrama bersama keluarga, kerabat dan teman-teman. Sangat pas disandingkan dengan segelas teh anget. 

Hidup terasa nikmat, ketika kebersamaan terjaga sembari menikmati hidangan lezat. Selamat menikmati.
2. Gorengan Dage

Gorengan Dage ini sepintas terlihat mirip dengan gorengan pada umumnya, padahal gorengan ini berbeda dengan gorengan yang ada diwarung makan pada umumnya. Karena gorengan ini terbuat dari bahan dasar ampas kacang yang digumpalkan dan dijamurkan. Biasa disajikan berupa goreng tepung berbumbu dan disantap dengan cabe rawit atau "lombok cengis".

3. Sate Kambing dan Gule Kambing
Nah, yang satu ini pasti sudah tau namanya, ya... Ini Sate Kambing. Sate lekat dengan makanan khas Madura, karena dikota-kota besar, penguasa sate sudah pasti orang Madura. namun yang satu ini, merupakan sate khas dari Bumiayu, Sate nya beda dengan sate pada umumnya, karena dibakar tanpa bumbu dan dimakan dengan sambal kecap yang ditambah tomat dan potongan bawang merah, dagingnya empuk dan maknyooos. 

Kalau agan lewat / mampir ke Bumiayu jangan lupa untuk menikmati sate kambing di Bumiayu. 
Adapun yang satu ini, namanya Gule Kambing. Terlihat kelezatan rasanya dari tampilan penyajiannya.

Tidak berbeda jauh dengan gule kambing pada umumnya, namun saat menikmatinya balutan bumbu khas desa begitu melekat dalam setiap gigitan menambah selera makan anda bertambah.
Kuah yang disajikanpun terasa gurih, memberikan nuansa bersantap anda, lebih bersemangat. namun perlu berhati-hati bagi pengidap kolesterol dan darah tinggi.

Selamat berkunjung ke Brebes Selatan.

4. Kraca
Namanya Kraca, begitu sebutan masyarakat sekitar. Makanan khas yang satu ini berbahan utama keong sawah yang dimasak berkuah dengan bumbu-bumbu kuat yang memberi nuansa pedas dan segar, hingga ke tenggorokan. Dikota-kota lain biasanya disebut tutu.

Kraca atau Tutu, mengandung protein yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Namun saat menyantapnya perlu kehati-hatian, karena terdapat cangkang yang berbahaya ketika tertelan, diperlukan keterampilan khusus, daging Kracanya berada pada cangkang yang membalut padanya, maka keahlian menyantapnya menjadi penentu untuk bisa sukses menikmati makanan yang satu ini. pun juga menjadi tantangan tersendiri.

5. Sogol
Sogol terbuat dari kecambah kacang hijau ( tauge / toge ) dan kelapa parut. Cara menyajikannya yaitu kecambah yang sudah disiram air panas agar layu ditaruh dipiring (bisa mangkuk atau daun pisang) baru disiram dengan kuah kelapa parut. 

Kuah kelapa parut ini merupakan hasil dari racikan kelapa parut, santan encer, cabe rawit, dan bawang yang telah direbus. 

Pada saat menikmatinya bisa juga ditambahkan dengan lontong / kupat.

6. Mie Konyol
Namanya Mie Konyol. dikatakan Konyol karena dari teksturnya yang kenyal, sehingga diplesetkan menjadi konyol. 

Berawal dari bahan dasar krupuk mie kuning yang direndam air dingin. Kemudian mie dimasak dengan bumbu khas desa.

Memasaknya dapat dicampur dengan berbagai jenis sayuran, lebih tepatnya bisa ditambahkan dengan sayuran Kol, dimasak dengan rasa yang pedas.

7. Kerupuk Rambak 
Krupuk berbahan dasar kulit sapi. Di Bumiayu Yang paling terkenal adalah krupuk rambak SN. Jajanan ini lumyan mahal harganya. namun setimpal dengan rasanya.

Menyantapnya sangat pas disandingkan dengan teh panas.

Saran kami, jangan lupa sediakan teh panas agak banyak.

Itu saja dulu, terimakasih