Cari Berita/Artikel :

PUNCAK ACARA MILAD YAYASAN AL-MUTTAQIN ADAKAN JALAN SANTAI

Mba_Line.  Milad Komplek Pendidikan, Yayasan Al-Muttaqin mengadakan jalan santai mengelilingi batas wilayah RW.07 Kayuwalang yang dilaksanakan pada hari Kamis 21 Januari 2016. Jalan santai ini diikuti oleh peserta anak didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan ibu-ibu se-kecamatan Kesambi. Peserta jalan santai start dari depan komplek Pendidikan Al-Muttaqin berjalan menyusuri jalan Kayuwalang dan mengelilingi batas wilayah RW.07 Kayuwalang dan finish tepat berada dihalaman masjid Al-Muttaqin. Acara jalan santai ini di pimpin oleh Perwakilan dari Wali Kota Cirebon Ibu Anna Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon , Ketua Yayasan Al-Muttaqin dan perwakilan dari dinas pendidikan.
R.Endah Arisyana Sakanti, SH selaku ketua Yayasan Al-Muttaqqiin Kayuwalang sekaligus Pembina PAUD, Taman pendidikan Al-Quran (TPA), dan Majlis Ta’lim menyampaikan sambutan dalam rangka Milad Lembaga Pendidikan yang ke -9. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal terkait Milad komplek pendidikan Al-Muttaqin.
“ Alhamdulillah PAUD Kayuwalang sudah menerima Surat Keputusan (SK) Akreditasi yang turun pada bulan Oktober 2015 kemarin serta telah memiliki payung hukum dengan dibentuknya Yayasan Al-Muttaqin Kayuwalang. Yayasan ini bergerak dibidang pendidikan, sosial dan ekonomi. Dari bidang pendidikan seperti telah kita ketahui adanya lembaga PAUD Kayuwalang dan TPA.  Adapun dari gerakan sosial dan ekonomi dengan digerakannya pengawalan terhadap ibu-ibu Pembinaan Kesejahtraan Keluarga (PKK) dan kegiatan majlis ta’lim. Kemudian kami mengambil tema pada pelaksanaan kegiatan ini ‘dengan Kebersamaan TK dan PAUD Kita Kembangkan Kreatifitas dan Kemandirian Anak Sedini Mungkin’ dengan maksud menyatukan dalam hal kegiatannya, karena seandainya dalam hal-hal lain terdapat lembaga yang lebih kompeten membidanginya. Ungkap Ibu Endah Selaku Ketua Yayasan.
Kemudian secara khusus juga menyampaikan permohonan kepada utusan walikota Cirebon  untuk lebih memperhatikan lagi keberadaan PAUD dan TK di Kota Cirebon.
“Kami juga mengharapkan setelah tercetusnya acara ini mohon disampaikan kepada Bapak Walikota untuk lebih memperhatikan lagi keberadaan PAUD dan TK di kota Cirebon” Lanjutnya mengakhiri sambutannya..
Dra.Sumardi, MA perwakilan dari  Dinas Pendidikan sebagai Kabid Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) kota Cirebon dalam sambutannya ia menyampaikan terkait keberadaan  PAUD atau Kelompok Bermaain (Kober) di kota Cirebon dan selentingan yang kerap kali terdengar bahwa adanya keberpihakkan lebih dari dinas pendidikan.
“Ibu-ibu guru sekalian, perlu diketahui bersama bahwa di kota Cirebon terdapat 106 PAUD dan 96 Taman Kanak-Kanak (TK). Kemudian kami dari dinas pendidikan tidak pernah menganak tirikan salah satu lembaga, dalam hal ini yang kerap kali terdengar adanya ungkapan menganak tirikan TK. Meskipun benar bahwa di kementrian hanya ada Kementrian Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Republik Indonesia (Dirjen PAUDRI)  hanya saja kebetulan di Kota Cirebon masih belum diubah Standart Operating Procedure (SOP)nya namun sekarang sedang dalam proses perubahan agar wadah antara TK  dengan PAUD atau Kober berada dalam wadah yang sama”. Ungkapnya
Kemudian beliau juga menyampaikan kaitannya dengan program bantuan dari pusat bahwa untuk kota Cirebon telah di sediakan Kuota sebanyak  96.

“Sebagai bukti dari ketidak berpihakkannya dinas pendidikan kepada salah satu lembaga pendidikan, saat ini telah ada bantuan dari pusat yang diperuntukkan kepada lembaga pendidikan anak usia dini maka dari kami mempersilahkan sudah kami urus terdapat kuota 96 sekolah berlaku bagi PAUD maupun TK. Kini  yang baru masuk hanya sekitar 30 sekolah saja yang telah mengajukan bantuan. Selebihnya belum ada kabar entah karena belum mengetahui atau bagaimana, maka dari itu kami meminta bantuannya kepada Bapak Lurah Karyamulya untuk bisa menginformasikan kepada setiap sekolah (Red: PAUD dan TK) yang ada diwilayahnya agar dana yang telah disediakan itu dapat diserap oleh lembaga pendidikan yang ada agar mampu mengembangkan lembaga pendidikan yang ada disetiap daerah di wilayah kota Cirebon”. Ungkapnya.

By. El-equilibrium