Cari Berita/Artikel :

Air Sungai Hampir Hanyutkan Rrumah Warga

MBA_Line, Harjamukti- Akibat hujan deras, rumah warga di Kalitanjung Timur RT/RW 01/04 Kelurahan Harjamukti Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon nyaris terbawa longsor dari derasnya hantaman air sungai.

Sulastri (42) pasangan dari Ade Sadikin (42) pemilik rumah mengaku tak tenang berada dirumah ketika hujan turun, pasalnya rumah yang ditempatinya telah dua kali mengalami longsor semenjak tiga tahun terakhir.

“Saya ngga tenang dirumah, kalau hujan turun, takut rumah terbawa arus air karena sudah dua kali mengalami longsor,” katanya kepada awak media ketika ditemui dikediamannya, kemarin.

Disampaikan Sulastri, bahwa awal mula kejadian longsor, tidak lama setelah adanya hujan yang mengguyur hingga pada akhirnya hantaman air sungai menghanyutkan bangunan yang berada di belakang rumahnya.

“Kan ini sudah dua kali longsor, maka dari longsor pertama itu, warga sini bahu membahu memberikan bantuan dan dari bantuan itu, dijadkan senderan disekitar sungai ini agar pinggiran sungai ini bisa terbebas dari hantaman air, tetapi airnya sangat deras, jadi tetap  terbawa,”tuturnya.

Terjadinya longsor disampaikan Sulastri sekitar pukul 16.30, saat itu dirinya bersama keluarga sedang berada dirumah, karena keadaan sedang hujan.

“Saat itu kita sedang berada dirumah karena sedang hujan, tetapi kita tetap tidak merasa tenang, karena tiga hari sebelumnya, tanah di belakang rumah itu sudah mulai retak, dan tepatnya jam setengah lima akhirnya benteng itu hanyut terbawa air, padahal sudah ampir selesai,” katanya.

Dari penuturan Sulastri, dengan adanya bencana longsor yang hampir menyeret rumah kediamannya, pihaknya telah didatangi oleh pihak Dinas Sosial, pihak kecamatan dan kelurahan serta dewan perwakilan rakyat (DPR).

“Kemarin sudah ada dewan yang datang pa Taufik, Dinas Sosial, pak Camat dan lurah, Insya allah mereka mau mengusahakan bagaimana caranya untuk bisa membereskan lagi,” katanya.

Dengan adanya kunjungan tersebut,  Sulastri berharap bantuan itu akan segera diterimanya, karena mengingat hujan yang hampir terjadi setiap hari.

“Ya semoga bantuan itu akan segera datang, karena mereka kan sudah menyampaikannya, kami mengharapkan banyak kepada mereka yang punya kebijakan,”kata Sulastri yang juga aktif di Posyandu ini.

Terpisah Toto (49) ketua Rw 04 Kalitanjung Timur menyampaikan pihaknya akan melakukan kordinasi dengan pengurus RW untuk melakukan kerjabakti bersama masyarakat dan akan mengupayakan untuk mencari bantuan agar bisa secepatnya persoalan yang menimpa korban bisa segera diatasi.

“Kita akan mengupayakan bersama warga sini melakukan kerjabakti dan dengan secepatnya kita akan laksanakan itu, mungkin caranya dengan menumpuk pasir dalam karung atau sejenisnya agar hantaman air tidak langsung mengenai tanah dipinggir sungai itu, karena memang tanah disitu keadaanya kan labil, jadi kalau kena air tanahnya jadi lembek kemudian,itu juga sifatnya hanya sementara. Untuk jangka panjangnya nanti akan diusahakan untuk memprioritaskan pembangunan  dari dana yang dimiliki RW,”pungkasnya.