Cari Berita/Artikel :

500 Peserta Ikuti Festival Egrang Di Cirebon

500 Peserta Ikuti Festival Egrang Di Cirebon
MBA_Line, Kejaksan- Lebih dari 500 peserta pelajar se- Kota Cirebon mengikuti festival egrang di jalan Siliwangi, Pekan Lalu.  
Dedi Kenedi selaku ketua pelaksana festival Egrang kota Cirebon mengatakan bahwa pelaksanaan festival Egrang di ikuti oleh lebih dari 500 peserta.
“Sebanyak 521 peserta yang mengikuti festival ini, semuanya berasal dari usia sekolah yakni SD dan SMP se kota Cirebon”.Ungkap Dedi.
Disampaikan Dedi, festival egrang merupakan bagian dari program Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) kota Cirebon.
“Festival ini terselenggara sebagai bagian dari program FORMI kota Cirebon diakhir Desember dalam rangka menggiatkan olah raga tradisional, dalam hal ini egrang untuk bisa mampu ‘berbicara’ ke tingkat Jawa Barat dan nasional dalam hal jumlah peserta”.Katanya.
Menurutnya, masyarakat sangat antusias mengikuti festival Olahraga Tradisional (Oltrad) Egrang, meskipun secara khusus hanya melangsungkan festival egrang.
“Festival ini (Oltrad Egrang) meskipun baru yang pertama kali di adakan, namun respon masyarakat begitu antusias terbukti dengan jumlah peserta hingga mencapai angka 521, itu menurut kami luar biasa, dan kedepan ini bisa lebih di tingkatkan lagi”.Ungkapnya.
500 Peserta Ikuti Festival Egrang Di Cirebon
Disampaikan Dedi, maksud dan tujuan dari adanya festival egrang ini sebagai bagian dari evaluasi kinerja sekaligus menjadi cara untuk mensosialisasikan olahraga tradisional agar lebih dikenal masyarakat.
“Untuk menggiatkan Oltrad yang sudah punah, maka kita bangunkn lagi , kita giatkan lagi, kita tingkatkan lagi  sehingga Oltrad di tingkat kota Cirebon bisa membludak pesertanya. Tadi acara dimulai dari puku 07.00-08.00 dengan mengambil rutenya star dari jalan siliwangi ke belakang lampu merah kejaksan balik lagi ke balaikota”. Kata Dedi.
Dedi menjelaskan, pihaknya akan merekomendasikan untuk memprogramkan festival egrang di tahun 2017 dengan jumlah peserta minimal 1.000.
“Kegiatan ini akan menjadi rujukan untuk dilaksanakan pada tahun selanjutnya dan akan memperluas pesertanya hingga target kita di tahun depan minimalnya kita bisa mencapai 1.000 peserta”. Jelasnya.
500 Peserta Ikuti Festival Egrang Di Cirebon
Disampaikan Dedi, dalam kegiatan festival egrang pihaknya melibatkan banyak unsur. “Kami melibatkan Ikatan Guru Olah Raga Kota Cirebon (IGORA) dan kami ingin menyampaikan terimakasih kepada IGORA yang sudah membantu dan atas kekompokkannya, selain itu juga kita libatkan Dinas Perhubungan (Dishub), Kepolisian, Satpol PP”. Kata Dedi.
Menurutnya, festival oltrad secara umum sudah berlangsung hingga tiga kali, namun secara khusus mengadakan festival egrang secara lebih khusus baru dilaksanakan pertama kali.
“Festival ini (oltrad Egrang) baru pertama kali, tetapi untuk festival oltradnya kita sudah ke tiga kali”
Acara ditutup dengan pembagian berbagai macam doorprize.“Untuk peserta di sediakan muc cantik FORMI dan mereka mendapatkan undian doorprize, dari penitia menyediakan 3 speda dan ketiga pemenang hadiah utama berasal dari SD Sunyaragi, SD Kayuwalang dan SMPN 10”. Pungkasnya.