Cari Berita/Artikel :

APA ITU MUDIK ?

APA ITU MUDIK ?
Mendengar kata Mudik mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia. Bahkan setiap satu tahun sekali, tepatnya menjelang Idhul Fitri kata ini selalu terdengar baik di media sosial, televisi, media cetak dan media lainnya. Seakan ini sudah menjadi kultur yang tidak akan pernah punah dari bangsa kita.

Banyak yang belum mengetahui, apakah mudik itu? Kenapa tiba-tiba muncul kata mudik? Mayoritas orang hanya mengetahui bahwa mudik adalah suatu aktifitas pulang dari suatu tempat (kota) tertentu ke daerah asal (tanah kelahiran) untuk bertemu dengan keluarga.

Mudik sebenarnya sebuah singkatan dari kata MU = Mulih dan DIK = dikit (bahasa jawa). Mulih yang berarti "pulang" dan dikit yang berarti "dulu" (bersifat sementara). Dengan kata lain, mudik berarti "mulih dikit" atau pulang dulu. Artinya bahwa setiap orang yang melakukan aktifitas urbanisasi, pada waktu tertentu akan kembali atau pulang terlebih dahulu dengan tujuan yang bermacam-macam, mulai dari silaturahmi dengan keluarga, saudara, kolega dan lain-lain yang berada di kampung halamannya. Tak sedikit juga dari mereka membagikan sebagian rizkinya dari hasil bekerja di tempat perantauan.

Inilah salah satu keindahan Indonesia yang tidak ada lagi di belahan bumi manapun.
Salam Pemuda Sukses !!!

Oleh: M. Taufik Hikayat