Cari Berita/Artikel :

Tradisi Bagikan Uang di Musola Nurul Ihsan Limbangan- Losari- Brebes

MBA_Line- Di Bulan Ramadhan, Musola Nurul Ihsan Limbangan, Losari, Brebes tradisikan bagi-bagi duit untuk para jamaahnya. Pembagian duit dilakukan setiap tanggal ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Setiap malam puasa ganjil musola Nurul ikhsan dipadati para jamaah. Pasalnya, para jamaah memadati musola tersebut dikarenakan menunggu adanya pembagian. Duit yang dibagikan diperoleh dari sadaqoh warga sekitar. Jumlah yang dibagikan pun beragam menyesuaikan kriteria usia si penerima.

 “ Uang ini didapat dari shadaqoh warga sekitar, jadi kalau ada yang mau shadaqoh ya tinggal dikasihkan saja sama pengelola musola yang biasa membagikan, setelah uang terkumpul nanti pihak pengelola akan memilahnya berdasarkan kriteria usia penerima, biasanya untuk anak-anak kisaran Rp. 2.000- Rp. 5.000 dan untuk orang tua bisa mencapai Rp. 10.000 diterimanya.” Ungkap Kumayah ke MBA_Line, Minggu, 04/07.

Waktu pembagian dilakukan sangat tertib, hanya saja sesekali terjadi kegaduhan karena tingkah anak-anak dan ibu-ibu yang berebutan.

“ Sesekali saja terjadi kegaduhan karena tingkah anak-anak dan ibu-ibu yang berebutan uang yang dibagikan“ kata kumayah.

Tradisi ini menjadi warna tersendiri bagi desa Limbangan, Losari, Brebes. Karena tidak semua desa melestarikannya. pembagian duit dilakukan usai melaksanakan shalat taraweh. Setelah itu akan dilanjut dengan acara jabur dan medang bersama.

“ Tradisi ini bisa mencairkan suasana setelah melaksanakan ibadah Traweh, karena setiap warga berkumpul dan bisa menyantap hidangan” tambah Kumayah.  

Sumber : Silvia