Cari Berita/Artikel :

Bahaya Menahan Air Kencing Bagi Kesehatan

Oleh : Zezen Zaenudin Ali



Tubuh manusia akan terus berproduksi sehingga dari aktivitasnya mengharuskan manusia untuk memenuhi kebutuhan energinya. Tak jarang medispun menganjurkan untuk membiasakan hidup sehat dengan beragam aktifitas yang mendukung serta mengkonsumsi asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Asupan makanan tersebut akan diolah oleh tubuh menghasilkan beragam zat yang dibutuhkan, baik sebagai sumber tenaga, protein dan lain sebagainya. Rutinitas berat dapat saja menjadi kendala bagi kesehatan manakala tidak diimbangi dengan asupan makanan yang mengandung berbagai zat yang dibutuhkan.
Salah satu zat yang dihasilkan oleh aktitas tubuh kita dalam menyerap makanan adalah air kencing-air seni. Air seni menjadi salah satu yang tidak bisa dianggap sepele bagi kesehatan manakala tidak membiasakan diri untuk membuangnya. Mengeluarkan air seni secara teratur dengan tidak menunda-nunda akan memberikan dampak positif sendiri bagi tubuh. Namun kadang kebiasaan menunda atau menahan air kencing dapat saja terjadi kepada siapapun dengan beragam alasan kerap kali disampaikan oleh setiap orang berdasarkan pada rutinitas kebiasaannya semisal karena kesibukan dalam bekerja, kurang nyamannya tempat pembuangan air kencing dan lain sebagainya kadang-kadang mengurungkan niatnya untuk membuang air kencing alhasil sering kali menunda-menahan air kencing. Padahal didunia kesehatan kejadian tersebut tidak bisa dibenarkan karena dapat berakibat buruk bagi kesehatan diri sendiri hingga menimbulkan munculnya penyakit.
Kemudian bahaya menahan kencing bagi kesehatan menurut  dr R Soetomo Slamet Iman Santoso, seorang ahli penyakit dalam menegaskan bahwa menahan air kencing merupakan tindakan yang tidak baik. Karena air kencing merupakan air limbah, kotoran serta racun yang sifatnya harus dikeluarkan dari badan. Air kencing merupakan kandungan sisa makanan yang tidak dicerna, sisa minuman yang tidak terserap oleh tubuh serta mengandung kuman pemicu penyakit yang telah diproses oleh ginjal. Tindakan tegas untuk membiasakan diri agar tidak menunda mengeluarkan air kencing meski dilakukan meskipun kita terjebak dalam rutinitas kesibukan, semua itu semata sebagai tindakan pencegahan agar badan terbebas dari beragam penyakit. Karena manakala tidak disegerakan dalam artian menahan air kencing dapat saja zat-zat yang terkandung dalam air kencing akan merusak saluran kemih, terlebih manakala air kencing tersebut mengandung kuman penyakit, semakin lama berada dikantung kemih maka kemungkinan akan semakin bertambah pula kuman yang terus menumpuk didalamnya.
Menahan kencing berjam-jam akan meningkatkan pertumbuhan kuman dalam jumlah banyak yang akan mengendap dalam kantung kemih yang kemudian aktivitas kuman itu pun naik ke arah ginjal. Meskipun hal ini tidak biasa, tetapi dapat saja terjadi. Pada akhirnya akibat yang akan terjadi gangguan pada ginjal. Selain itu , bahaya menahan kencing bagi kesehatan yang lainnya adalah lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. mudah timbul batu saluran kemih. Air kencing mengandung berbagai macam zat dan mineral, jika mengendap lama akan membentuk batu.  Prosesnya mula-mula batu tersebut berukuran kecil, semakin lama semakin membesar. Batu lebih mudah terbentuk pada orang yang mempunyai kebiasaan menahan kencing. Sebenarnya,dari semua penjelasan mengenai bahaya menahan kencing/gangguan saluran kemih ini saling berkaitan. Infeksi dapat menimbulkan batu saluran kemih, dan batu dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Sehingga, kadangkala kedua penyakit ini ditemukan secara bersamaan. 
Jadi, tidak ada aktivitas yang dibenarkan kaitannya dengan menahan kencing karena aktivitas tersebut memicu datangnya beragam penyakit. Meskipun dengan dalih beragam alasan, semua itu sebagai bentuk dari tugas pribadi yang telah dibebankan kepada kita, bahwa aktifitas menjaga baik menjaga diri sendiri, menjaga lingkungan serta menjaga keseimbangan alam menjadi tanggungjawab diri sendiri sebagai mana amanat khalifah fil ard dalam ajaran agam. Sebagai umat yang mengamini ajaran agama, atau bahkan sebagai pribadi yang menyenangi kesehatan ajakan tersebut menjadi bernilai. Lebih khusus dalam menjaga kesehatan akibat dari kebiasaan menahan kencing yang akan berdampak bahaya bagi diri sendiri , dapat memicu perkembangan penyakit tentu tidaklah ada yang mengahrapkan dirinya tertimpa penyakit. Maka aktifitas menjaga menjadi langkah prenventif agar tidak tertimpa serta menjadi tanggungan pribadi. Sebaiknya, jika kita ingin buang air kecil, segera laksanakan. Jadi, segala macam zat yang tidak berguna akan segera keluar dan tidak diberi kesempatan berkembang di dalam badan.