Cari Berita/Artikel :

KPMDB Berbagi Ta’jil & Sahur On The Road

KPMDB WIL.CIREBON BERBAGI BREBES, Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Brebes (KPMDB) Wilayah Cirebon menggelar kegiatan “KPMDB Berbagi ta’jil dan sahur on the road bareng tukang ojek dan tukang becak disekitar ruas jalan ketanggungan . Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang terdiri dari 20 anggota KPMDB Wil. Cirebon dan selebihnya dari KPMDB Wil. Semarang, berlangsung mulai dari Sabtu Sore menjelang buka Puasa sampai Minggu 12 Juli 2015.

KPMDB Berbagi Sesama merupakan refleksi dari bulan suci yang diagungkan atas pemahaman yang telah diterima dengan mengenal lebih dekat aktifitas lingkungan sekitar, pun sebagai pembelajaran bahwa memberi menjadi bagian dari prilaku sosial yang tidak kalah positifnya dengan perayaan ritual keagamaan. Selain dari pada itu, moment of inquire dari kegiatan tersebut dari kacamata para pelajar serta Mahasiswa Cirebon Khususnya , kegiatan ini terlaksana dalan rangka memanfaatkan momen berharga bulan yang disucikan serta jelang berakhirnya ramadhan sebagai bentuk dari eksistensi KPMDB Wilayah Cirebon, bahwa memberi bisa dilakukan oleh siapapun manakala muncul dalam benaknya rasa empati terhadap sesama. Menumbuhkan rasa empati ini menjadi daratan luas yang ingin dibangun dalam benak individu organisasi ini, dengan menumbuhkan rasa serta sikap humanis diharapkan kedepan bisa tercipta serta terpupuk rasa mengabdi untuk daerah serta lingkungan demi kemaslahatan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam sambutannya Imam sebagai ketua pelaksana menyampaikan perubahan sikap individu dalam melihat elemen lain dari masyarakat yang ingin dimunculkan, dengan menumbuhkan rasa empati dan mencintai aktifitas berbagi menjadi corong utama yang hendak dibangun agar kedepan menjadi insan sensitif dengan isu lingkungan. “Hal ini dilakukan sebagai bentuk derma dari mahasiswa untuk lingkungan sosialnya melalui aksi KPMDB Berbagi Ta’jil serta Sahur on the road,” kata Imam.

Dalam sambutannya ketua Umum KPMDB Wilayah Cirebon, Arin Nurul Mawadah menyampaikan “Momen berbagi ini diharapkan dapat menjadi agenda setiap individu serta diharapkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk terus membiasakan diri mengabdi dengan beragam corak pengaplikasiannya. Membiasakan diri terjun kedalam lingkungan yang berbeda dari diri pribadi menjadi cerminan bahwa semata-mata semua itu tercipta karena atas dasar rasa saling terikat rasa persaudaraan. Simpul kekeluargaan ini menjadi media pengaplikasian yang mesti terus dipupuk sedini mungkin agar suatu saat nanti mengabdi menjadi aktifitas keseharian tanpa mengharapkan balas jasa apalagi memanfaatkan momen program lima tahunan yang akhir-akhir ini bermunculan.” katanya.

Yunus Awaludin salah satu peserta dari alumni KPMDB Wil. Semarang mengamini bahwa “ Rutinitas kegiatan sosial semacam ini diharapkan bukan semata karena menjadi agenda dari rentetan program kerja namun sejatinya terlahir dalam benak setiap individu masing-masing agar suatu saat nanti terbiasa dalam memberi dan melayani maka tanpa mesti mengobral janji-janji, karena aktifitas memberi telah menjadi rutinitas pribadi”

Dikirim oleh : Zezen Zaenudin Ali