Cari Berita/Artikel :

Wisata di Kuningan Menakjubkan

MBA_Line, Cirebon- Kali ini MBA_Line akan membahas tentang beberapa lokasi wisata yang ada di Kuningan. Kuningan merupakan dataran tinggi dengan puncak tertinggi di Jawa barat yaitu Gunung Ciremai dengan ketinggian 3.076 mdpl dengan bentangan alam yang fariatif. Selain itu kuningan juga memiliki pesona wisata budaya yang menarik. Salah satunya ialah Situs Purbakala Cipari Kuningan yang menunjukan bahwa daerah ini sudah dihuni oleh manusia sejak zaman prasejarah atau sekitar 3.500 tahun sebelum masehi. 

1. Situs Purbakala Cipari

Wisata di Kuningan Menakjubkan
Situs Purbakala Cipari ini adalah salah satu tempat wisata Kuningan yang patut anda kunjungi. Situs ini merupakan peninggalan era megalitikum dari masyarakat purba yang hidup di daratan sunda Besar, yaitu dataran yang mencakup daratan tinggi Sumatra, jawa, Kalimantan serta laut yang menghubungkan ketiganya pada sekitar tahun 10.000 tahun yang lalu. Situs ini terhitung cukup lengkap menggambarkan kehidupan di masa lalu, sehingga banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini salah satunya dari kalangan Mahasiswa bahkan sekolah dasar.

Situs ini terletak di Kampung Cipari, Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Berada pada ketinggian 661 meter dari permukaan laut, situs ini tepat berada di kaki Gunung Ciremai dan berjarak sekitar empat kilometer dari Kota Kuningan Jawa Barat.

2. Gunung Ciremai
Wisata di Kuningan Menakjubkan
Gunung Ciremai adalah gunung berapi kerucut yang secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Posisi geografis puncaknya terletak pada 6° 53' 30" LS dan 108° 24' 00" BT, dengan ketinggian 3.078 m di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 m dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet.

Kini Gunung Ceremai termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektare.


Wisata di Kuningan Menakjubkan
3. Waduk Darma
Waduk Darma ini terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan, tepatnya di desa Jagara- Kecamatan Darma dan pada lintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis. GPS -7.00799, 108.41316.

Waduk ini menempati areal seluas ± 425 ha, dikelilingi oleh bukit dan lembah serta pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk. Kapasitas genangan air maksimal ± 39.000.000 m3. Jarak obyek wisata ini adalah ± 12 km dari kota Kuningan dan dari ± 37 km dari kota Cirebon.


Wisata di Kuningan Menakjubkan
4. Cibulan
Selanjutnya, ada nih wisata pemandian yang dikenal dengan Pemandian Cibulan. Lokasinya berada di Jl. Raya manis kidul Desa manis Kidul Kecamatan Jalaksana. 

Obyek wisata Cibulan ini merupakan obyek wisata hutan air yang banyak ditumbuhi pohon-pohon besar. Tinggi, dan rindang serta merupakan sumber mata air yang cukup bagus.

Kolam Cibulan yang banyak dihuni oleh ikan sejenis Kancra bodas ( putih) yang disebut juga ikan dewa. Ikan-ikan tersebut mempunyai misteri yang merupakan daya tarik dan ikan tersebut termasuk ikan langka . obyek wisata Cibulan yang konon adalah merupakan peninggalan wali yang menyebarkan agama Islam dan disana juga terdapat situs petilasan Prabu Siliwangi Raja Pajajaran, dan terdapat Sumur 7 ( tujuh ) yang masing-masing. memiliki khasiat bagi orang yang mempercayainya antara lain :
• Sumur Kejayaan, Cisadane, kemulyaan, kemudaaan, Pengabulan, Keselamatan dan Cirancana


Wisata di Kuningan Menakjubkan
5. Curug Putri
Curug Putri Landung atau Ciputri memiliki ketinggian mencapai 20 meter dan berasal dari mata air jauh di dalam hutan Gunung Ciremai (3.078 mdpl).  Curug ini terletak dalam kawasan Bumi Perkemahan Palutungan (yang dikelola oleh pihak Perum Perhutani) dengan ketinggian 1.100 – 1.150 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan curah hujan 3.000 mm/tahun, dan sejuknya suhu udara antara 20 – 24C.

Letak Curug Putri ini menjorok ke dalam dikelilingi tebing terjal dan pepohonan rimbun.  Bahkan di sebelah kiri terdapat satu pohon beringin besar yang teduh.  Di depannya terdapat kolam air tempat menampung curahan terjunan airnya.  Kolam ini tidaklah terlalu dalam hanya sepinggang orang dewasa sehingga dapat dipakai untuk berendam dan berenang. 


Bagaimana ? menarik bukan wisata di Kuningan. Masih banyak lagi destinasi wisata yang berada di kuningan Jawa Barat ini. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang ingin berwisata ke Kuningan Jawa Barat.