Cari Berita/Artikel :

Seminar BKI Hadirkan Merlyn Sopjan

MBA_Line- Seminar Nasional jurusan Bimbingan Konseling Islam, IAIN Cirebon hadirkan Merlyn Sopjan  aktivis Gender, penulis sekaligus rogremer officer PKBI Pusat-Jakarta. Seminar bertemakan Konseling Berbasis Sosial Masyarakat Dalam Mengurangi Tingkat Kesenjangan Dan Problematika Kehidupan dilangsungkan di Pasca Sarjana IAIN Cirebon, Rabu, 05/10.

Acara berlangsung meriah, ruangan di padati oleh peserta dari berbagai jurusan.

Budi mahasiswa jurusan PGMI menyampaikan kehadirannya didasari oleh keingin tahuan tema dan narasumber.

"Hanya pengen tahu saja, karena kebetulan tema dan narasumbernya menarik". Ungkap Budi ke MBA_Line.

Proses diskusi berjalan hangat, mengalir di penuhi dengan berbagai pertanyaan dan tanggapan dari narasumber dan peserta seminar.

Merlyn Sopjan sebagai narasumber memberikan penjelasan seputar LGBT, Karakteristik dari segi fisik, orientasi seksual dan rutinitas bersama komunitasnya.

Ketika Indonesia ramai diberitakan bahwa kelompok LGBT menuntut hak untuk melegalkan perkawinan sejenis, ditanggapinya dengan serius bahwa tidak ada upaya kelompok LGBT untuk menuntut sampai sejauh pada persoalan pelegalan.

"Selama ini saya menjadi aktivis gender, berhubungan dengan kelompok LgBT di berbagai daerah tidak pernah membicarakan persoalan tuntutan pelegalan pernikahan sehenis. Jadi dapat di pastikan tidak ada wacana untuk menuntut perkawinan sejenis". Kata Merlyn.

Merlyn menambahkan LGBT tidak menular, karena bukan penyakit.

"LGBT bukanlah sejenis penyakit, atau penyakit menular". Tambahnya.

LGBT merupakan orientasi seksual seorang manusia yang difitrahkan Tuhan, hanya saja keberbedaan orientasi seksual ini seringkali berdampak pada tanggapan sinis dari kebanyakan orang.

Melalui panggung umum miliknya, Merlyn berharap hadirnya kelompok minoritas ini bisa dilihat bahwa yang berbeda memiliki hak yang sama dengan manusia lain pada umumnya.