Cari Berita/Artikel :

TELOR ASIN ASLI BREBES

Telor Asin Asli Brebes
1.        Sejarah Telor Asin Brebes
Telor asin adalah istilah umum dari masakan yang berbahan dasar telor yang diawetkan dengan cara diasinkan. Telor yang digunakan adalah telor bebek yang mempunyai ciri khas cangkang berwarna hijau-kebiruan.
Dalam sejarahnya, konon telor asin Brebes pertama kali diperkenalkan oleh suami istri yang berasal dari China, yang bernama In Tjiauw Seng dan Tan Polan Nio pada tahun 1950. Pada awalnya telor asin menjadi makanan yang eksklusif, karena pasangan suami istri itu memasarkan telor asin ke Jakarta. Mereka memproduksi secara terbatas dan menjadikan telor asin yang gurih dan lezat dikemas sebagai salah satu hidangan istimewa.
Seiring berjalannya waktu produksi telor asin menyebar dan prosesnya berlangsung dari tangan pekerja yang awalnya bekerja pada In Tjiauw. Setelah keluar, pekerja ini lalu membuat produksi dan menjualnya sendiri. Inilah awal penyebaran telor asin kepada masyarakat Brebes.

2.       Ciri Telor Bebek Kualitas Baik
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa telor asin Brebes berbahan dasar dari telor bebek. Untuk mendapatkan telor asin berkualitas baik maka digunakanlah telor bebek yang mempunyai kualitas baik pula.
Ciri-ciri kualitas telor bebek yang baik :
a.        Ketika direndam dalam air tawar telor akan tenggelam. Ini membuktikan bahwa telor masih segar.
b.        Cangkang/kulit telor berwarna hijau-kebiruan, cerah dan bersih.
c.         Ketika di trawang menggunakan cahaya, kuning telor masih utuh.

3.       Proses Pembuatan Telor Asin Brebes
Proses pembuatan telor asin pun semakin kesini semakin berkembang dari cara tradisonal ke cara yang moderen. Akan tetapi sebagian besar masyarakat Brebes masih menggunakan cara tradisional. Hal ini diyakini karena dengan cara tradisional, telor asin yang dihasilkan akan lebih gurih dan enak.


Demikian proses pembuatan telor asin dengan cara tradisional :
a.        Siapkan bahan-bahannya
-           Telor bebek yang sudah dipilih
-           Garam
-           Batu bata yang dihaluskan
-           Abu
-           Air
b.        Cuci telor asin hingga bersih, dan tiriskan sampai benar-benar kering,
c.         Satukan air, garam, abu, dan batu bata hingga membentuk adonan,
d.        Kepalkan adonan pada telor asin, dan simpan pada tempat yang tertutup,
e.        Diamkan hingga lebih dari 2 minggu lebih, (Semakin lama pengasinan, semakin asin dan awet)
f.          Setelah 2 minggu lebih, bersihkan kepalan adonan pada telor menggunakan air hingga bersih,
g.        Rebus telor selama  2 jam dengan api yang sedang,
h.       Setelah direbus, tiriskan telor dan diamkan hingga dingin dengan sendirinya,
i.          Atau jika ingin dipanggang, panggang telor asin selama  2 jam,
j.          Setelah dipanggang, diamkan hingga dingin dengan sendirinya,
k.        Telor asin siap dikonsumsi.

4.       Kandungan Gizi Telor Asin Brebes
Banyaknya telor asin yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Telur Asin yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 83 %
Kandungan Gizi Telor Asin Brebes
Energi                                           195                                               kkal
Protein                                           13,6                                             gr
Lemak                                            13,6                                             gr
Karbohidrat                                    1,4                                             gr
Kalsium                                        120                                               mg
Fosfor                                            157                                               mg
Zat Besi                                            2                                                mg
Vitamin A                                     841                                               IU
Vitamin B12                                     0,28                                         mg
Vitamin C                                         0                                               mg
Sumber : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

5.       Manfaat dan Efek Samping Telor Asin Brebes
Berdasarkan kandungan gizi di atas, setiap butir telor asin mempunyai manfaat sebagai berikut :
a.        Manfaat makronutrisi
Kandungan kalori telor bebek berasal dari protein, lemak dan karbohidrat. Protein dari telor adalah jenis protein yang berkualitas tinggi, dan setiap butir telor bebek mengandung 9 gram protein. Sementara itu ia juga mengandung 9,6 gram lemak serta 1 gram karbohidrat . Semua nutrisi ini baik untuk menghasilkan energi bagi tubuh, lebih mengenyangkan, dan mendukung seluruh kesehatan tubuh seperti otot, kulit, rambut dll.
b.        Manfaat Vitamin
Telor bebek lebih meningkatkan asupan vitamin, seperti vitamin A dan vitamin B 12 . Vitamin A bermanfaat untuk mempromosikan pengembangan sel baru demi menjaga jaringan tubuh yang sehat dan juga menjaga kesehatan penglihatan yang baik. Sebutir telor bebek mengandung sekitar 472 IU vitamin A, atau sudah memenuhi seperlima dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita, dan 16% untuk pria. Vitamin B12 berguna untuk kesehatan saraf dan meningkatkan fungsi sel darah merah. Setiap butir telor bebek menawarkan sekitar 3,8 mikrogram vitamin B12, dan jumlah ini melebihi asupan yang direkomendasikan.
c.         Manfaat Mineral
Telor bebek juga menawarkan gizi dari unsur mineral, yaitu selenium dan zat besi. Selenium berguna untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat, serta membantu tubuh untuk membuat hormon di kelenjar tiroid. Zat besi bermanfaat untuk membantu sel darah merah mengangkut oksigen dan membantu tubuh untuk memproduksi energi. Setiap butir telur bebek mengandung 2,7 miligram zat besi, yang memenuhi 34 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk laki-laki dan 15 persen untuk wanita. Sementara itu telor bebek menawarkan 25,5 mikrogram selenium, atau memenuhi 46 persen dari kebutuhan harian. Mineral lain yang juga ditemukan, namun dalam jumlah kecil adalah fosfor dan kalsium.
Setiap ada manfaat pasti ada juga efek sampignya. Demikian akan dijelaskan efek samping dari telor asin :
a.      Kolesterol tinggi : Kandungan kolesterol telor bebek jauh lebih tinggi dari telor ayam, demi kebaikan sebaiknya mengkonsumsi dengan batasan. Kolesterol tinggi bisa berpengaruh negatif terhadap kesehatan, terlebih bagi penderita penyakit jantung atau yang kondisi terkait arteri. Anda cukup sehat dengan hanya makan satu butir telor bebek sehari, dan sebaiknya menyandingkannya dengan makanan lain yang bebas kolesterol, seperti sayuran, buah-buahan atau makanan yang tinggi serat.
b.      Tinggi natrium : Telor bebek yang diasinkan (telur asin) kebanyakan juga sangat asin, sehingga perlu waspada bagi penderita darah tinggi. Garam adalah sangat tinggi natrium, dimana asupan yang berlebihan bisa berakibat tidak baik bagi tekanan darah.
c.       Waspadai telor bebek palsu : Pastikan telor asin yang Anda peroleh adalah asli, karena yang palsu bisa dibuat dengan melibatkan bahan kimia berbahaya seperti pewarna, formalin, dll untuk menghindari efek samping yang tak terduga.

6.       Inovasi Telor Asin Brebes
Semakin berkembangnya jaman, peminat telor asin semakin berkurang. Berdasarkan penelusuran, peminat telor asin adalah orang-orang yang mempunyai usia 30 tahun ke atas. Hal ini disebabkan karena telor asin hanya ada satu rasa saja yaitu asin, dan mungkin telor asin dianggap makanan jaman dulu. Untuk mengatasi hal tersebut inovasi pada pembuatan telor asin pun bermunculan. Mulai dari proses pembuatan, pengemasan hingga pencampuran rasanya.
Sekarang ini sedang bermunculan telor asin dengan aneka rasa. Mulai dari rasa buah-buahan sampai rasa udang, bawang dan lain sebagainya. Telor asin aneka rasa tidak hanya mempunyai rasa asin saja, tetapi bisa mempunyai rasa dan aroma udang karena adonan saat pembuatan telor asin dicampur dengan udang. Bisa mempunyai rasa dan aroma jeruk karena adonan saat pembuatan telor asin dicampur dengan jeruk, begitupun rasa bawang, dst.
Untuk saat ini, telor asin “ME” sedang melakukan percobaan untuk mengembangkan telor asin dengan aneka rasa. Dengan adanya telor asin aneka rasa, diharapkan peminat telor asin Brebes akan semakin bertambah.