Cari Berita/Artikel :

Wisata Brebes untuk Dunia

MBA_Line- Kali Ini mbaline menyajikan beberapa lokasi untuk dijadikan agenda destinasi liburan. Semuanya berada diwilayah kawasan pemerintahan Brebes Jawa Tengah. Lokasi-lokasi tersebut sebagian sudah ada yang terakomodir oleh dinas pariwisata setempat, namun selebihnya kemungkinan belum terakomodir. Berikut beberapa lokasi wisata yang ada di Brebes,

Wisata Brebes untuk Dunia
1. Pantai Randusanga Indah
Lokasinya berada di Randusanga Kulon sekitar 7 KM ke arah utara dari jalan raya Pantura kota Brebes. Obyek wisata ini sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Brebes yang dibangun sekitar tahun 2001, dan untuk saat ini keberadaannya dikelola oleh Kantor Pariwisata Kabupaten Brebes. Di sepanjang jalan menuju pantai dijumpai hamparan perkebunan bawang merah , sedangkan mendekati lokasi pantai, akan banyak ditemukan tambak- tambak yang umumnya digunakan untuk budidaya bandeng dan rumput laut.

2. Waduk Malahayu
Waduk Malahayu terletak di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes,Jawa Tengah; ± 6 km dari Banjarharjo atau 17 km dari Tanjung. Luas kawasan ini sekitar 944 hektare dan dibangun pada tahun 1930 oleh Kolonial Belanda. Waduk ini menarik untuk dijadikan salah satu destinasi liburan.


3. Dukuh Jalawastu 
Pedukuhan di wilayah desa Ciseureuh, Kab. Brebes. Masyarakat di desa ini menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa pergaulan sehari-hari.  Masyarakat di pedukuhan Jalawastu masih mempertahankan cara hidup tradisional mereka, diantaranya adalah ketaatan masyarakat di dukuh Jalawastu terhadap pantangan-pantangan yang telah diwariskan secara turun temurun seperti makan daging dan ikan, menanam bawang dan sebagainya. Upacara Ngasa merupakan salah satu sarana pengingat akan kebersamaan, kesederhanaan dan hidup yang penuh dengan rasa syukur.

 4. Ranto Canyon
 Wilayah pegunungan di Kabupaten Brebes bagian selatan, Jawa Tengah, memiliki sejumlah pesona wisata eksotis dengan sejuta keindahan alam yang dimiliki. Salah satunya adalah Ranto Canyon yang terletak di Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Brebes.
Perjalanan menuju lokasi air terjun ini hanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi selama dua setengah jam perjalanan dari Kota Brebes. Setelah sampai di lokasi, wisatawan masih harus berjalan melalui jalan setapak sejauh 200 meter.

5. Agrowisata Kaligua
adalah kawasan wisata agro dataran tinggi yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes bagian selatan. Agrowisata Kaligua dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah dan merupakan diversifikasi usaha untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan daya dukung potensi alam yang indah. Hasil pengolahan perkebunan teh Kaligua adalah berupa produk hilir teh hitam (black tea) dengan merk “Kaligua” dalam kemasan teh celup dan serbuk. Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati hangatnya teh hitam Kaligua di lokasi atau membelinya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

 6. Telaga Ranjeng
Telaga Ranjeng atau biasa juga diucapkan Telaga Renjeng adalah kawasan wisata cagar alam yang berlokasi di desa Pandansari, kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Telaga ini dibangun pada tahun 1924, berada di bawah kaki Gunung Slamet dan merupakan bagian dari kawasan cagar alam milik Perhutani Pekalongan Timur.

7 . Candi Pangkuan
Desa Cilibur adalah sebuah desa yang kecil, namun mempunyai daya tarik tersendiri salah satunya terdapat loka wisata yang di sebut Candi Pangkuan (Pray of Tample). Candi Pangkuan terletak di pinggiran desa Cilibur tepatnya terletak antara Dusun Karang gandul dan Dukuh Kumambang,Desa Cilibur kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes.Jaraknya tidak jauh dari Cilibur pusat dan sekitar 10km dari kota Bumiayu.

8. Air Panas Buaran
Buaran merupakan daerah dari salah satu desa yang ada di Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Desa ini menjadi batas wilayah antara kecamatan Bumiayu dan Kecamatan Bantarkawung yang terletak sekitar 7 Km ke arah Timur dari desa tersebut. Jumlah Ppulasi penduduk di desa Buaran ini sekitar 3000 orang. Di desa ini tersimpan kekayaan alam nan indah, yakni pemandian air panas. Pemandian ini telah lama mendapat perhatian dari masyarakat sekitar, bahkan sebelum adanya pengelolaan secara khusus dari pemerintah. lebih khususnya lagi setelah adanya pengelolaan, setiap tahunnya selalu ada perubahan baik dari jumlah pengunjung, maupun dari jumlah wahananya. lebih jelasnya, anda bisa langsung datang menuju lokasi.


9.  Curug Putri
Sari sekian banyak nama Curug Putri diberbagai daerah, yang keindahannya tidak diragukan sebagai mana namanya, ternyata Brebes bagian Selatan pun memiliki kekayaan alam dengan nama yang sama pun mengeluarkan ke eksotisan yang tak diragukan lagi.  Terletak di Dukuh Padanama, Desa Mandala, Kecamatan Sirampog. Ketinggian Curug Putri mencapai 35 meter. Air terjun ini juga dikenal dengan nama Curug Kembar karena ada 2 air terjun yang akan mengalir jika debit air sedang besar.

10. Curug Buriang
Berlokasi di dukuh Cimerak Desa Cibenang. tepatnya berlokasi di kordinat  7°16'1"S 108°57'17"E.Cimerak sendiri masuk di kawasan Kecamatan Bantarkawung. Lokasi yang satu ini tak kalah keindahannya dengan lokasi-lokasi wisata lainnya. hanya karena belum adanya pengelolaan yag memadai, untuk mencapainya memerlukan waktu yang lumayan. untuk mencapainya hanya bisa dilewati oleh pejalan kaki dikarenakan belum adanya jalan yang memadai.

11. Gunung Maruyung
Maruyung nama sebuah bukit atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan gunung. dengan ketinggian kurang lebih sekitar 1000 Meter dari permukaan laut. Wilayahnya terbagi menjadi beberapa bagian, sebagian masuk kezona wilayah Cilacap dan sebagian masuk kewilayah Brebes.
saat ini, untuk pengelolaan masih di kelola oleh para juru kunci dari setiap pedukuhan yang berada disekitar Gunung Tersebut.
Sejauh ini masyarakat setempat masih meyakini ke-kramat-annya, maka dapat penulis sebutkan destinasi yang satu ini disebutkan sebagai wisata Keramat. Disekitar gunung ini masih tumbuh berbagai jenis pepohonan nan rindang juga beragam jenis hewan serta burung liar. Selain itu, bagi pecinta motor trail tersedia area yang cukup menguji adrenalin di sekitar gunung Maruyung. untuk mencapainya bisa melalui jalur Bumiayu-Bantarkawung dan naik ke Desa Karangpari, sedangkan dari wilayah selatannya bisa lewat dari Majenang ke Kutabima.  Maka bagi anda yang hendak menginjakkan kaki diwilayah yang satu ini akan terasa asyik manakala datang berkelompok dan berjalan kaki menyusuri pesawahan yang terbentang luas sembari menikmati segarnya udara dan  merdunya kicauan burung.

12. Curug Cibangkelung
Lokasi dari curug yang satu ini berada diwilayah Brebes Selatan, tepatnya di kawasan zona kepemerintahan Desa Karangpari. Untuk mencapainya memerlukan pengorbanan tenaga yang cukup, karena berada cukup jauh dari jalan raya. Sejauh ini curug Cibangkelung belum terorganisir dalam pengelolaannya. Maka untuk mencapainya pun tak perlu mengeluarkan kocek, cukup hanya mengeluarkan biaya perjalanan saja.




So.. selamat bergerilya menikmati waktu liburan anda dan keluarga terdekat disekitar Kabupaten Brebes.