Cari Berita/Artikel :

IAIN Cirebon adakan Pembekalan KKN*

IAIN Cirebon adakan Pembekalan KKN
MBA_Line- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon (IAIN SNJ) menjelang Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengadakan acara pembekalan kepada mahasiswa. Acara dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari , Rabu- Jumat, 15-17 juni 2016 pukul 08.00-16.00 WIB.   
    
Pembekalan KKN berlangsung di Masjid IAIN SNJ. Dengan jumlah peserta keseluruhan mencapai 1.130 orang . Terdiri dari 729 mahasiswa fak. Tarbiyah, 269 mahasiswa fak. Syariah dan Ekonomi Islam serta 132 mahasiswa dari fak. Ushuluddin. 

Wakil Rektor (Warek)  II yang diwakilkan oleh Prof. DR. Cakra Wardana menyampaikan agenda ini merupakan kewajiban yang harus dilalui oleh mahasiswa yang hendak melangsungkan pengabdian, tujuannya agar mahasiswa memahami program KKN Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA) Berbasis Masjid. 

“ Kegiatan ini bersifat wajib bagi mahasiswa yang mau mengikuti KKN, maka ikuti acara ini dengan baik. Kemudian karena KKN POSDAYA berbasis masjid maka acaranya pun dilangsungkan di masjid kampus, disamping juga karena kita belum memiliki auditorium “. Ungkapnya.

Pelaksanaan KKN dijadwalkan berlangsung selama 36 Hari, yakni dari Kamis, 14 Juli - 22 Agustus 2016 mendatang . Diawali dengan pelepasan mahasiswa oleh rektor di halaman Rektorat IAIN SNJ 13/07. Sedangkan 14 Juli 2016 pembukaan dilangsungkan di Pendopo Kab. Cirebon oleh Bupati Cirebon. 

KKN POSDAYA Berbasis Masjid ini bertujuan untuk melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dengan menjadikan masjid sebagai sasarannya. Mahasiswa dapat berperan sebagai fasilitator, motivator , negosiator bahkan narasumber dala pemberdayaan tersebut.

KKN merupakan salah satu pilar terpenting dalam siklus kegiatan wajib bagi universitas di seluruh Indonesia.  Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pengabdian kepada masyarakat. Acara pembekalan yang dihadiri oleh Bupati Cirebon, Wakil Dekan II serta jajaran pengurus LP2M ini berlangsung sangat tertib dan penuh perhatian dari segenap mahasiswa. 

Berdasarkan paparan penjelasan dari salah satu pengurus LP2M Ahmad Yani, M.Ag mengatakan bahwa KKN tahun 2016 ini akan dilaksanakan di Kabupaten Cirebon. 

“ Jadi peserta KKN yang berjumlah 1.130 ini, akan kita sebar di Kab. Cirebon dengan 8 Kecamatan dan 85 Desa.” Ungkap Yani.

Ahmad Yani, pun menambahkan sasaran utama pelaksanaan pengabdian masyarakat ini ialah menumbuhkan kualitas Indeks Pembangunan Manusia (IPM). 

“ Anggota keluarga yang belum berdaya (lemah) dalam ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan dan agama. Merupakan sasaran utama dalam pelaksanaan pengabdian di masyarakat kali ini. Dimana pendidikan, daya beli (ekonomi) dan kesehatan adalah tiga pilar penting dalam IPM , dan menjadi masalah utama bagi Indonesia”. Pungkas Yani. 

Silvi Mahasiswa IAIN Jurusan Perbankan Syariah