Cari Berita/Artikel :

Bahaya BAB Sambil Maen Ponsel

Bahaya BAB Sambil Maen Ponsel
MBA_Line- Masyarakat kita, memiliki kebiasaan Buang Air Besar (BAB) yang bermacam-macam, ada diantaranya yang memiliki kebiasaan BAB sembari menghisap rokok, adapula dengan dibarengi membaca koran dan bahkan ada juga yang dibarengi dengan bermain ponsel. namun tahukah anda, perilaku demikian dapat mengaburkan tujuan kita yang sebelumnya hendak BAB. Meskipun aktifitas BABnya tetap berlangsung namun akibat dari bercabangnya kegiatan dikamar mandi tersebut, menjadikan waktu yang digunakan lebih lama habis dikamar mandi. Selain daripada waktu yang terbuang sia-sia demikian, juga tidak baik bagi tubuh.

Seperti yang dikutip dari liputan6.com  Selasa (14/6/2016) seorang ahli psikiater di Departemen Gastreonterologi Hepatologi dan nutrisi di University of Pittsburgh mengatakan bahwa waktu normal membuang air besar sebenarnya 10-15 menit. Lebih dari itu, dapat dipastikan Anda mengalami sembelit.

Lebih lanjut, Thorkelson mengatakan jika tidak ada dorongan untuk BAB, sebaiknya jangan pernah ke toilet untuk BAB, karena jika prilaku demikian terus dilakukan dapat dipastikan akan dilakukan dengan cara mengejan-'ngeden' padahal perilaku demikian dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh darah disekitar anus hingga menyebabkan pendarahan disekitar anus. Terlebih lagi, manakala saat BAB dibarengi dengan membaca koran atau bermain ponsel, rutinitas tersebut tentu akan mengambil kuota kefokusan Anda.

Kemudian, Thorkelson menyarankan jikalau ada dorongan untuk mengeluarkannya, maka segeralah membuangnya. Janganlah ditunda-tunda dan untuk mengeluarkannya cukuplah hanya 10-15 menit saja. hal ini dapat mengurangi adanya 'pengerakkan-pengerasan'kotoran yang bisa membuat sembelit.  

Apabila menderita sulit untuk BAB-sembelit, pastikanlah untuk memperbanyak asupan makanan yang kaya akan serat serta minum suplemen yang mampu merenggangkan usus, sehingga aktifitas BAB Anda menjadi lancar.