Cari Berita/Artikel :

Pejuang Shodaqoh : Beri dan Aktifitas Memberi

Pejuang Shodaqoh : Beri dan Aktifitas Memberi
MBA_Line- Memberi merupakan satu perintah yang dibenarkan oleh ajaran, melalui momentum Ramadhan, komunitas sosial seperti Pejuang Shodaqoh hadir dihadapan publik, kehadirannya pun turut serta mewarnai gerakan sosial yang tumbuh menjamur dibelahan dunia. Aksi-aksinya sering kali menyuarakan keseimbangan nilai-nilai sosial dimasyarakat. Melalui penyaluran infak dan shodaqoh dari para dermawan, dan kemudian diperuntukkan bagi yang membutuhkan. Sebuah gerakan yang pantas diamalkan bagi generasi muda yang hendak menempa diri untuk belajar memberi.

Sebuah aktifitas yang mulia bagi para Pejuang Shodaqoh ini. Dalam hiruk pikuk kesibukan dunia kerja serta berbagai rutinitas anak manusia, menghadirkannya-para Pejuang Shodaqoh bukanlah hal mudah. Karena banyak diantara manusia yang dalam benaknya masih ‘kurang’ kepeka-an terhadap lingkungannya, tentulah ber’aksi’ demikian merupakan sebuah hal ihwal yang sangat sulit.

Maka apresiasi yang tinggi patut disampaikan kepada komunitas apapun yang mau menyisihkan kesibukkannya untuk mengelola kaum dermawan agar menitipkan sebagian kekayaannya untuk disalurkan kepada kaum papa.
Pejuang Shodaqoh : Beri dan Aktifitas Memberi

Salah satu komunitas yang kini telah men’cebur’kan diri untuk berkutat dalam dunia sosial dibidang penyaluran shodaqoh ini menamakan kemunitasnya dengan Pejuang Shodaqoh. Hadirnya komunitas tersebut mewarnai hasanah keagamaan bangsa yang megah. Bangsa yang heterogen, plural, berbeda-beda serta berlatar belakang keyakinan nan beragam pula. Namun eksistensinya tak diragukan, bahkan terus berkelanjutan menebar rasa persaudaraan untuk sesama manusia tanpa harus terbatasi oleh perbedaan keyakinan.

Momentum Ramadhan yakni bulan yang disucikan kaum muslim, tak luput dari rutinitas sosial para Pejuang Shodaqoh ini. Berbekal niatan yang tulus, santunan demi santunan telah dilewatinya, dari panti ke panti yang berada di wilayah III Cirebon, Masjid-Masjid serta Musola-Musola tak luput dari pantauan rutinitaas kegiatan para pejuang.

Baru-baru ini, Sabtu,10/06/2016, Pejuang Shodaqoh telah menyalurkan Al-Qur’an di Musola Miftahul Jannah Muntur, Losarang-Indramayu, Mushola Al-Bilal Sindang-Indramayu dan Mushola Ibnu Hajar Muntur ki Buyut Gentong-Indramayu. Aktifitasnya luput dari pantauan media. Meskipun aktifitas memberi tidak diharuskan adanya publiksi, sebagai antisipasi keluhuran nilai ruhani, namun dirasa perlu dihadirkan ke publik bahwa aktifitas memberi dapat kita pelajari. Karena jikalau tidak dipelajari, aktifitas “memberi” akan menjadi aktifitas yang “tabu” bagi masyarakat masa kini serta generasi selanjutnya.

 
Pejuang Shodaqoh : Beri dan Aktifitas Memberi
“Kegiatan sudah diawali dari sebelum bulan suci Ramadhan. Gerakan kami lebih dominan di Cirebon, tapi kami juga menyebar ke wilayah tiga Cirebon, salah satunya di Indramayu ini” ungkap Anita Fitriyani yang menjadi koordinator komunitas Pejuang Shodaqoh di Indramayu saat MBA_Line konfirmasi. (10/06).

Lokomotif yang dibawa oleh komunitas ini adalah gerakan sosial menyalurkan shodaqoh untuk membantu masyarakat, serta kelompok-kelompok yang membutuhkan, seperti panti asuhan dan kelompok-kelompok pengajian di Masjid-Masjid dan Musola.

“ Iya, gerakan kami (red; Pejuang Shodaqoh) sejauh ini lebih mengarah kearah sosial, menjadi jembatan bagi para donatur yang hendak menginfakkan-mensodaqohkan hartanya, meskipun di Cirebon kini telah banyak instansi yang bergerak dibidang yang sama, namun kami rasa menghadirkan komunitas-komunitas sosial semacam komunitas kami ini masih dirasa perlu, untuk mensosialkan aktifitas memberi kepada sesama”. Lanjutnya.

Pejuang Shodaqoh : Beri dan Aktifitas Memberi
“ Harapannya kedepan, kesenjangan sosial yang terjadi dimasyarakat kini, bisa mencair melalui gerakan memberi, dan semoga semua kalangan bisa menerima kami yang sedang belajar ini. Kemudian kedepannya, kamipun telah menyebarkan informasi, bahwa kami akan mengadakan penggalangan dana untuk 200 anak yatim, acara tersebut kami sebut dengan THR 200 Anak Yatim, semoga tidak ada hambatan” Lanjutnya.

“ Kemudian bagi yang hendak menitipkannya, bisa melalui rekening Bank Syariah : 0427549069 a.n. Hasan Basri panji mega angga. Untuk konfirmasi lebih lanjut bisa menghubungi no kontak 08987337608, dan bisa ikuti kami di Fb. Pejuang Shodaqoh. Pungkasnya.