Cari Berita/Artikel :

Jawa Tengah Menangis, 47 korban Tewas tertimbun

MBA_Line- Tim SAR beserta sejumlah relawan terus melakukan pencarian terhadap korban longsor di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Proses pencarian ini dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi warga yang selamat maupun yang tidak terselamatkan. 

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan pencarian korban dilakukan siang dan malam.

" pokoknya kita akan terus upayakan untuk melakukan pencarian hingga akhir, Ujar Ganjar.

Akan tetapi, hingga saat ini, proses evakuasi belum menemukan korban baru. Badan Nasional Penanggulangan Bencana telah mencatat 47 orang korban tewas dan 15 orang masih dinyatakan hilang. dilansir dari BBC Indonesia, Selasa, 22/06 dini hari.

Untuk mengantisipasi bencana lanjutan, Bupati Purworejo, Agus Bastian, telah menetapkan tanggap bencana selama 30 hari hingga 18 Juli mendatang.

Bupati juga meminta masyarakat untuk tetap siaga serta meminta Kepala Pelaksana BPBD, Budi Harjono, untuk terus berkoordinasi dengan tim BNPB, tim SAR dan relawan lainnya hingga Jumat nanti.
" kita jangan sampai lengah dengan kondisi lingkungan, berhati-hati diperlukan untuk menjaga keselamatan kita, saya tegaskan kordinasi dibutuhkan baik dari masyarakat ataupun dari pejabat pelaksana dengan tim di BNPB", Ungkap Agus.

Langkah selanjutnya, sebagaimana dikemukakan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, adalah merelokasi rumah korban yang hilang akibat bencana.

“Pemerintah kita minta untuk mencari lahan agar disiapkan sedini mungkin. Kita nanti akan menyiapkan bantuan anggarannya sehingga nanti pada saat tanggap darurat ini selesai, segera mereka bisa kita relokasi”, Pungkas  Ganjar.