Cari Berita/Artikel :

Semakin Nyata, "Robot Cerdas Ancam Manusia"

Semakin Nyata, "Robot Cerdas Ancam Manusia"
MBA_Line - Teknologi kecerdasan buatan yang semakin berkembang pesat dari hari ke hari dinilai dapat mengancam kehidupan umat manusia. Pasalnya, kecerdasan robot yang semakin tinggi dapat membuatnya bertindak berlebihan.
Kekhawatiran tersebut diungkapkan Pendiri SpaceX, Elon Musk. Ia yakin bahwa Robot merupakan 'ancaman nyata terhadap manusia'. Elon juga yakin bahwa Robot dapat menghapus ras manusia di masa depan.
"Saya pikir, kita harus hati-hati terhadap kecerdasan buatan. Hal ini ibarat memanggil iblis datang, dan manusia tidak dapat mengendalikan iblis tersebut," pesannya.
Salah satu peneliti dari laboratorium Google Deep Mind, Stuart Armstrong juga mengingatkan masyarakat akan bahaya tersebut. Ia mengatakan bahwa robot tidak mungkin berprilaku secara optimal sepanjang waktu.
Ia juga menuturkan bahwa robot semakin hari menjadi bagian integral di kehidupan manusia, terbukti dengan hadirnya robot yang dapat menggantikan tugas manusia. Hal ini juga menjadi sinyal bahwa keberadaan robot dapat mengancam ras manusia.
"Robot di masa depan dapat melakukan sesuatu lebih cepat daripada manusia. Lebih lanjut, sebuah robot tidak selamanya dapat dikontrol manusia. Ada kekhawatiran mereka dapat memberontak kepada tuanya," ungkapnya.
Walaupun demikian, Stuart juga mengapresiasi teknologi kecerdasan buatan yang dapat menyembuhkan manusia dari berbagai penyakit. Namun, ia mengingatkan agar peneliti tidak terlalu berlebihan mengembangkan kecerdasan buatan pada sebuah robot. Demikian seperti dikutip dari okezone.com, Senin, 6 Juni 2016.