Cari Berita/Artikel :

Pemilu AS 2016: Clinton Mengklaim Nominasi Partai Demokrat

Calon terkuat yang menang atas California dan tiga negara lain untuk menjadi calon presiden perempuan pertama dari partai besar di Amerika Serikat.
MBA_Line - Calon kuat Demokrat, Hillary Clinton telah mengklaim diri dalam pencalonan presiden setelah serangkaian kemenangan dalam babak pemilihan awal.
Clinton memenangkan lumayan mencolok sekali; terutama di California, negara terbesar di Amerika Serikat dan target utama lawannya, Bernie Sanders. Dilaporkan bahwa dari 93% itu, Clinton memenangkan 56% suara dan Sanders 43% suara.
Clinton juga mendapat dukungan dari negara bagian New Mexico, South Dakota, dan New Jersey pada Selasa malam sebelum menyatakan kemenangan atas Sanders untuk nominasi Partai Demokrat. Sedangkan Sanders lebih di dominasi oleh negara bagian North Dakota dan Montana.

Presiden AS, Barack Obama pun dipanggil Clinton untuk mengucapkan selamat padanya pada pengamanan cukup delegasi untuk meraih nominasi.

"Terima kasih, kami telah mencapai tonggak sejarah," katanya, pada kesempatan ketika kampanye di New York, sebelum pada ajang persaingan Partai Republik kemungkinan nya, Donald Trump.

Clinton mengatakan kepada para pendukungnya di New York bahwa Trump adalah "temperamental dan tidak layak" untuk menjadi presiden.

"Dia ingin menang dengan memicu ketakutan dan menggosok garam pada luka dan mengingatkan kita setiap hari betapa hebatnya dia," kata Clinton.

"Yah, kita percaya kita harus saling angkat, tapi tidak merobek dan saling menjatuhkan." Tegasnya.

Kemudian, Sanders bersumpah untuk melanjutkan kampanyenya pada pekan depan di Washington DC dan selanjutnya ke konvensi yang diadakan di Philadelphia pada 25 Juli.

"Pertarungan kami adalah pertarungan yang sangat-sangat curam tapi kami akan terus berjuang demi setiap orang dan setiap delegasi," katanya dalam rapat umum di Santa Monica, California.

Dengan sangat yakinnya partai Demokrat berdasarkan dugaan kuat dan hitungan, delegasi berjanji terpilih dan delegasi super terpilih. Clinton baru akan mendeklarasikan kemenangan sehari setelah Associated Press mengumumkan dia adalah calonnya.

Berbeda dengan Sanders, walaupun kampanyenya ditolak karena kampanye terlalu dini alias belum waktunya, dia mengatakan akan terus berkampanye di California.

Dalam sebuah wawancara dengan NBC News, Sanders menyatakan keprihatinan bahwa berita kemenangan Clinton datang malam sebelumnya "yang terbesar dan utama" bahwa itu didasarkan pada apa yang ia sebut sebagai "anonymous" yakni komitmen dari delegasi super, yang memberikan suara pada konvensi Demokrat di akhir Juli.

Sanders ditetapkan untuk bertemu Obama di Gedung Putih pada Kamis, demikian laporan kantor berita Reuters.

Source: www.aljazeera.com