Cari Berita/Artikel :

Utang Negara


Utang Negara
MBA_Line- Bank Indonesia menilai kondisi Utang Luar Negeri Indonesia masih terkendali, meski jumlah dan rasio utang luar negeri triwulan I-2016 menunjukkan peningkatan.

Berdasarkan data BI yang dilansir dari jateng.tribunnews.com jumlah Utang Luar Negeri Indonesia pada triwulan I sebesar 316 miliar dolar AS atau 36,5 persen terhadap total produk domestik bruto (PDB). Jumlah itu naik 5,7 persen secara Year On Year (YOY).

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, Utang Luar Negeri sektor swasta dengan tenor pendek yang sensitif pada risiko. Sementara kalau kenaikan terjadi pada Utang Luar Negeri pemerintah atau dari swasta tetapi bertenor jangka panjang tidak terlalu berisiko.

Nah, untuk jumlah utang swasta yang memiliki jatuh tempo pendek, terutama dari pihak yang tidak terafiliasi. "Jumlah utang swasta yang tidak terafiliasi hanya sebesar 5 persen dari total jumlah utang," ujar Agus, Rabu (18/5) di Jakarta.

Sementara itu, mayoritas utang swasta didominasi oleh yang memiliki jangka waktu panjang, jumlahnya mencapai 80 persen dari total Utang Luar Negeri.