Cari Berita/Artikel :

Film Rumi akan Menantang Stereotip Muslim, Kata Penulis Gladiator

David Franzoni, yang menulis naskah pada tahun 2000 yaitu film yang dibintangi Russell Crowe, untuk film tentang biografi pada abad ke-13 yakni seorang pujangga dan cendikiawan muslim.

Film Rumi akan Menantang Stereotip Muslim, Kata Penulis Gladiator
Photograph: Farshad
Sebuah naskah pemenang Oscar telah setuju untuk bekerja pada sebuah film biografi tentang pujangga abad ke-13 yaitu Jalaluddin al-Rumi.

David Franzoni, yang menulis naskah untuk 2000 blockbuster Gladiator, dan Stephen Joel Brown, seorang produser di film Rumi, mengatakan mereka ingin menantang penggambaran stereotip karakter Muslim di bioskop barat dengan memetakan kehidupan ulama besar sufi.
"Dia seperti Shakespeare," kata Franzoni. "Dia adalah karakter yang memiliki bakat besar dan layak untuk masyarakat dan rakyatnya, dan jelas bergema saat ini. Orang-orang selalu perlu ditelusuri. "

Produser berharap syuting film tahun depan sudah mulai digarap. Franzoni dan Brown berada di Istanbul pekan lalu untuk bertemu dengan pakar atau ahli tentang tokoh Rumi dan sekaligus mengunjungi makam mistiknya di Konya.

"Ini adalah proyek yang sangat menarik - dan jelas menantang," kata Franzoni. "Ada banyak alasan kami membuat produk seperti ini sekarang. Saya pikir itu adalah dunia yang perlu berbicara; Tokoh Rumi sangat populer di Amerika Serikat. Saya pikir itu memberinya sebuah kisah dan harapan yang cerah. "

Epos spiritual dan mistis Rumi, Masnawi dan Divan, secara luas; dianggap di antara puisi terbaik yang pernah ditulis dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Guru Sufi, yang melarikan diri di masa mudanya dari tempat kelahirannya (sekarang Afghanistan) selama invasi Mongol, perjalanan melalui Baghdad, Mekkah dan Damaskus dengan keluarganya sebagai pengungsi sebelum menetap di Konya, di zaman modern Turki, di mana ia meninggal pada usia tua.

Pertemuan Rumi dengan Mistik Shams yang misterius dari Tabriz itu, diyakini telah terjadi di 1244, dan mengubah jalan hidupnya. Setelah hilangnya misterius Shams, seorang Rumi menulis banyak puisi cinta yang pada saat ini dikenal luas di barat.

Franzoni dan Brown mengatakan mereka ingin Leonardo DiCaprio bermain sebagai tokoh Rumi, dan Robert Downey Jr untuk membintangi sebagai Shams dari Tabriz, meskipun mereka mengatakan itu terlalu dini untuk mulai casting. "Ini adalah tingkat perdana dan fundamen yang perlu kita bicarakan lebih lanjut," kata Brown, kepala eksekutif dari Y Productions, yang juga seorang produser di film-film hit lain seperti Se7en, The Fugitive dan Devil's Advocate. Film ini akan menjadi co-diproduksi oleh Y Productions dan Es Film.

Tantangan utama mencoba untuk membangun profil yang kredibel dan dapat diidentifikasi dari tokoh Rumi dan Syams dari tubuh yang cukup mitologi itu. Bahkan fakta-fakta dasar dari kehidupan mereka masih dalam perdebatan. tokoh-tokoh Islam yang dihormati dalam wacana populer cenderung mythologised sebagai orang yang suci; bukan karakter cacat, dengan prestasi mereka menghiasi dan kekurangannya mereka persiapkan.

Film Rumi akan Menantang Stereotip Muslim, Kata Penulis Gladiator
Portrait of Rumi, the celebrated poet and Muslim scholar. Photograph: Alamy
"Kami sedang berusaha untuk menciptakan dan membangkitkan karakter pada saat yang sama karena terdapat begitu banyak yang hilang dalam bayang-bayang sejarah, dan beberapa tentang hal itu diidealkan sehingga harus kembali dan menemukan manusia yang menjadi suci, karena kami tidak dapat menulis tentang seorang yang suci, "kata Franzoni.

Rumit juga untuk menggambarkan karakter Syams. Sementara mereka juga yang bekerja di film tidak memandang dia sebagai karakter penjahat, mereka hanya memandang dia sebagai pengacau karena pengaruh Rumi dari ajaran dan keluarganya. Ambiguitas dapat memungkinkan penulis dan produser lisensi artistik yang lebih besar, dan mereka berharap tentang dua tokoh utama dalam cerita akan membuat pemandangan yang menarik. "Kehebatan Rumi, begitu banyak keluar dari ketidakpastian itu dan menjadi sebuah tantangan besar yang patut dicoba," kata Franzoni.
Film Rumi akan Menantang Stereotip Muslim, Kata Penulis Gladiator
A Sufi whirling performance of the Mevlevi order, founded by Rumi. Photograph: AP
Franzoni mengatakan film ini mungkin akan mencakup sebuah prolog dari siaran televisi tokoh Rumi dari tempat kelahirannya, karena jika melihat situasi katanya, memiliki kesejajaran dengan zaman modern. Seperti Invasi Mongol melahirkan beberapa kemiripan dengan mengamuknya ekstremis di Timur Tengah saat ini, Pungkasnya, menguatkan !

Franzoni dan Brown mengatakan alasan utama mereka ingin membuat film itu untuk memperkenalkan kisah hidup Rumi untuk generasi milenium yang begitu mencintai puisi Rumi. Franzoni mengatakan dia berharap penonton akan dapat mengidentifikasi tokoh karakter film tersebut. "Apa yang menarik dan dari mana semua ini berasal? Ini abad ke-21 dan kami bergulir di dalamnya dan merangkul itu. Jika kita memposisikan diri dengan hati-hati, [kita dapat mengatakan] sekarang kita akan memberitahu Anda di mana sesuatu yang Anda cintai berasal, "katanya.

Source: www.theguardian.com transleted by Judin